Entri Populer

Friday, February 4, 2011

LOG PHP ORACLE

Ini  bermula ketika aku melamar kerja dan yang disyaratkan adalah harus menguasai oracle dan bahasa pemrograman yang dikuasai adalah web base, mobile, dan oracle developer sendiri. Tentu saja aku milih web based, dengan PHP. Tapi masalah utamanya adalah aku belum pernah mengenal si Oracle. 
Tapi berhubung aku selalu ingat wewejang guru SMA ku untuk "Selalu Kejar peluang, segala syarat untuk pekerjaan masih bisa kita pelajari selanjutnya. Pokoknya yang penting dalah peluang!!".

Awalnya tes-tes yang kulalui tanpa pembahasan oracle, so aku jadi terbuai dengan keadaan dan menjadi malas untuk menyiapkan diri guna belajar oracle. Tapi akhirnya masa berperang sesungguhnya dimulai. Aku pun mulai mempelajari cara menghubungkan oracle dengan PHP dari referensi yang kubaca sebelumya keliatannya sih mudah tinggal extension di file PHP.ini tanda (;) dari kata ;extension = php_oci.dll dihilangkan. Lagi-lagi aku khilaf dan terbuai keadaan sehingga nyante2 kembali, sampai akhirnya H min 1 dari tes praktik komputer. Aku kalang kabut. Aku praktekan teori tersebut di atas menggunakan XAMPP, WAMPP, AppServ, UniServer hasilnya ... nol (makanya jangan meremehkan masalah). Namun alhamdulillah setelah browsing di internet akhirnya aku menemukan solusinya di http://risnandar.wordpress.com/2007/05/07/koneksi-php-5-zend-core-dan-oracle-xe/ it's so easy to connect php and oracle. Just install and all running well.

Tapi ternyata lagi-lagi aku ketemu maslan muncul error HTTP 500 Internal Server Error. Aku searching di internet hampir setengah waras akhirnya kutemukan cukup simple, jawabnya "Jangan sembarangan copy script orang, walo ngopy tetep check syntax nya". Ternyata hal tersebut karena syntax yang salah misal double quotes (") diganti dengan (``). Nah hati2 klo pake zend core for oracle karena settingannya akan mangacu ke internal error tanpa menampilkan errornya apa. Sebetulnya ini bisa dihindari dengan menyeting file php.ini nya. 

Setelah aku bersay hello dengan PHP dan oracle, ternyata muncul tantangan baru. Mesin absensi di kantor untuk data real timenya menggunakan paradox, nah sementara semua data dikantor dah menggunakan oracle. Sebetulnya para seniorku dah membuat suatu program yang mentransfer data dari paradox tersebut ke oracle. 'Namun', karena oracle yang bersifat tidak multiuser, jadi waktu sedang diwrite oleh mesin, proses pengcopyan akan gagal. Jadi, deh dengan mudahnya aku menawarkan PHP langsung ke paradox bisa (ya soalnya aku dah pernah baca sih dan emang bisa). Lagi tapi..... ternyata runing well nya di linux sementara mesin realtimenya di windows. Akhirnya aku pun menggunakan ODBC, bisa sih tapi... saat aku select berdasarkan waktu (extract (Year from Field1)=) ternyata tidak support karena paradoxnya masih versi 5.0. Aku coba upgrade melalui export/import di MS.Access tapi ternyata sama saja . Ih rasanya ampir gila..

Tapi akhirnya aku menemukan di xampp versi baru ada pxlib yang bisa setting oracle, maka aku jalankan deh. Alhamdulillah tinggal nambah extension=php_paradox.dll di php.ini udah jalan. Tapi... sekarang masalahnya aku harus kembali menghubungkan xampp dengan oracle. Alhamdulillah lagi (emang Allah maha Pengasih!!) aku menemukan di http://bob.web.id/2008/08/29/konfigurasi-xampp167-dengan-oracle8i/ dan memang di phpinfo dan muncul configurasi oracle dan oci nya. Tapi...(duh banyak ya tapinya yang sabar ya..) muncul "ORA-12154: TNS:could not resolve the connect identifier specified in"  ternyata setelah di googling cukup mudah.. tinggal pada hostnamenya tambahkan nama home anda jadi seumpama SID: DBQU, home(nama komputer):casper tinggal
$conn = oci_connect('user', 'password', '//casper/dbqu');
Selamat mencoba!!!

sumber: http://phitoz.multiply.com/journal/item/36

No comments:

Post a Comment